MANFAAT ANALISA JABATAN DI PERUSAHAAN

  • Untuk penilaian kinerja

Dalam analisis jabatan, setiap pekerjaan ditetapkan standar-standar kinerja. Untuk mengetahui apakah karyawan berprestasi atau tidak, manajer cukup membandingkan antara kinerja yang dihasilkan dengan kinerja standar yang ditetapkan.

  • Untuk keperluan rekrutmen

Rekrutmen karyawan dapat dilaksanakan apabila manajemen perusahaan sudah mendapatkan gambaran yang jelas tentang jenis dan karakteristik pekerjaaan. Dengan memahami karakteristik pekerjaan maka akan dapat ditetapkan siapa orang yang direkrut yang tepat untuk memangku jabatan tertentu tersebut.

  • Untuk keperluan kompensasi

Besaran gaji atau upah karyawan akan bergantung pada pekerjaan apa yang akan mereka lakukan dalam perusahaan. Ini menjadi pembeda antara karyawan-karyawan yang berbeda tingkat pendidikannya.

  • Mengurangi konflik karyawan

Antara karyawan yang satu dengan yang lainnya akan sering melakukan pekerjaan yang sama meskipun mereka berada dalam bidang atau divisi berbeda. Kondisi ini bisa mengakibatkan salah paham atau konflik terutama dalam hal pertanggungjawaban atas suatu pekerjaan. Analisis jabatan dapat menolong mengurangi kesalahpahaman saat bekerja.

      ·     Menolong karyawan memahami pekerjaannya

Ada sebagian karyawan, terutama rekrutmen baru tidak memahami
apa yang akan dikerjakannya nanti. Meskipun dalam iklan lowongan pekerjaan
mereka sudah tergambarkan jenis pekerjaan apa yang dibutuhkan. Uraian pekerjaan
akan menjadi sangat penting untuk menyamakan pandangan terhadap jenis
pekerjaaan yang akan dilakukan.


SHRM siap membantu kebutuhan analisa jabatan di Perusahaan dan Organisasi Anda.

Leave a comment



Copyright 2020 ©  All Rights Reserved